Dirawat Intensif di RSCM, Fajri Pasien Obesitas 300 Kg asal Tangerang Ditangani Tim Dokter Spesialis

Fajri telah dipindahkan dari RSUD Kota Tangerang ke RSCM menggunakan forklift dan truk pemadam kebakaran.

Wawan Kurniawan
Minggu, 11 Juni 2023 | 02:47 WIB
Dirawat Intensif di RSCM, Fajri Pasien Obesitas 300 Kg asal Tangerang Ditangani Tim Dokter Spesialis
Muhammad Fajri (27), pria obesitas dengan bobot 300 Kg saat akan dipindahkan dari RSUD Kota Tangerang ke RSCM Jakarta Pusat, Jumat (9/6/2023). (Suara Serang/Wawan Kurniawan)

Serang.suara.com - Fajri (27), pria obesitas yang memiliki berat badan mencapai 300 kilogram asal Kota Tangerang, telah diberikan perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta Pusat. Hal itu disampaikan oleh Sub Koordinator Humas RSCM, Yani Astuti melalui pesan singkat kepada redaksi Suara Serang pada Sabtu, (10/6/2023).

Yani mengatakan bahwa dirinya saat ini belum bisa memberikan informasi detail terkait perkembangan terkini kondisi Fajri. Namun, dia memastikan bahwa tim dokter telah ditugaskan untuk memeriksa kondisi pria asal Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Karang Tengah tersebut.

"Kami belum bisa memberikan update, karena tim yang terlibat sedang melakukan pemeriksaan menyeluruh," ungkap Yani.

Namun Yani menyampaikan bahwa terkait perkembangan kondisi Fajri terbaru akan dikonfirmasi dalam konferensi pers yang akan diadakan pada hari Selasa (13/6/2023). Dalam konferensi pers tersebut akan dihadirkan tim dokter spesialis yang menangani Fajri.

Baca Juga:RJ, WNA Australia Pelaku Penganiayaan Warga Simeulue Aceh Dideportasi

"Estimasinya paling Selasa, karena tim perlu menyiapkan segala hal yang diperlukan, termasuk narasumber dan data terkait," jelasnya.

Diketahui sebelumnya, Fajri telah dipindahkan dari RSUD Kota Tangerang ke RSCM menggunakan forklift dan truk pemadam kebakaran. Karena bobot Fajri yang cukup besar, Petugas yang terlibat membantu pemindahan Fajri pun sempat mengalami kesulitan dalam memindahkan.

Proses pemindahan Fajri memakan waktu selama satu jam, dari pukul 19.00 hingga 20.00 WIB. Keputusan untuk merujuk Fajri ke RSCM diambil karena RSUD Kota Tangerang tidak memiliki peralatan medis yang memadai untuk menangan pasien obesitas seperti Fajri.

Muhammad Fajri (27), pria obesitas dengan bobot 300 Kg saat akan dipindahkan dengan forklift dari RSUD Kota Tangerang ke RSCM Jakarta Pusat, Jumat (9/6/2023). [Suara Serang/Wawan Kurniawan]
Muhammad Fajri (27), pria obesitas dengan bobot 300 Kg saat akan dipindahkan dengan forklift dari RSUD Kota Tangerang ke RSCM Jakarta Pusat, Jumat (9/6/2023). (sumber: Suara Serang/Wawan Kurniawan)

Saat masih dirawat RSUD Kota Tangerang, pihak Rumah Sakit mengkonfirmasi bahwa kondisi Fajri mulai membaik. Fajri sudah dapat duduk di atas kasur di ruang perawatannya, meskipun masih membutuhkan bantuan.

"Fajri sudah bisa duduk, tapi masih butuh alat bantu seperti penyangga," ujar Direktur Utama RSUD Kota Tangerang, dr. O.U. Taty Damayanti.

Baca Juga:Puluhan Anak Muda Tangerang Bersaing di Panggung Singing Contest Indoteen Explore 2023

Selain itu, Fajri masih mengeluhkan rasa sakit dibagian kakinya akibat kecelakaan yang dialaminya. Selain faktor obesitas, Fajri juga tidak dapat bergerak banyak karena terdapat infeksi pada kakinya, akibat kecelakaan yang terjadi delapan bulan lalu yang membuat Fajri hanya bisa berbaring saja, sehingga berat badannya terus bertambah.

Taty menambahkan, terkait hasil pemeriksaan laboratorium dari cairan yang diambil dari tubuh Fajri menunjukkan kondisi yang normal.

"Hasil lab-nya baik dan normal, hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan kondisinya baik. Alhamdulillah, Fajri sudah sadar, bisa duduk, dan keluhan nyeri di kakinya agak berkurang karena telah mendapatkan pengobatan. Gula darahnya baik dan hasil laboratorium juga bagus," jelasnya.

RSUD Kota Tangerang bahkan membentuk tim khusus yang terdiri dari 10 dokter spesialis untuk memantau kondisi Fajri dengan berat badan 300 kilogram. Tim tersebut dipimpin oleh dokter spesialis penyakit dalam, Dr. Marsel, SpPD.

Penanganan pertama yang dilakukan oleh RSUD Kota Tangerang adalah mengatasi infeksi pada kakinya. Selanjutnya, pola makan Fajri diperbaiki dengan memberikan nutrisi yang bergizi.

"Kami melakukan tindakan untuk menurunkan berat badan dengan mengelola program perawatan yang stabil," tuturnya.

Muhammad Fajri (27), pria obesitas dengan bobot 300 Kg saat akan dipindahkan dari RSUD Kota Tangerang ke RSCM Jakarta Pusat, Jumat (9/6/2023). [Suara Serang/Wawan Kurniawan]
Muhammad Fajri (27), pria obesitas dengan bobot 300 Kg saat akan dipindahkan dari RSUD Kota Tangerang ke RSCM Jakarta Pusat, Jumat (9/6/2023). (sumber: Suara Serang/Wawan Kurniawan)

Pihak RSUD Kota Tangerang akhirnya memutuskan untuk merujuk Fajri ke RSCM, karena keterbatasan peralatan medis yang dimiliki. Ditambah lagi, RSUD Kota Tangerang tidak memiliki dokter bedah pencernaan dan dokter bedah (Digestif) dan bedah pembuluh darah (Vaskular).

Sebagai informasi, bedah digestif adalah tindakan medis yang dilakukan untuk mengatasi penyakit yang terkait dengan sistem pencernaan tubuh. Sementara itu, bedah vaskular merupakan tindakan medis yang melibatkan operasi pada pembuluh darah.

"Untuk melakukan penurunan berat badan, diperlukan juga bedah pembuluh darah karena kita melihat ukuran kakinya yang besar, sehingga diperlukan dokter yang ahli dalam pembuluh darah," imbuh Taty.

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Nasional

Terkini

Tampilkan lebih banyak