Rugi Beroperasi, Gapasdap Kurangi Jumlah Kapal Penyebrangan Merak-Bakauheni

Gapasdap Merak bahkan mengaku akan mengurangi jumlah operasi kapal di jalur Merak Bakauheni jika tarif baru tak kunjung diberlakukan pemerintah.

Wawan Kurniawan
Jum'at, 23 September 2022 | 06:10 WIB
Rugi Beroperasi, Gapasdap Kurangi Jumlah Kapal Penyebrangan Merak-Bakauheni
(Ilustrasi) Kapal ASDP Fery di dermaga pelabuhan Merak, Banten. (SuaraSerang/Wawan Kurniawan)

Puluhan anggota dari DPC Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (GAPASDAP) Merak kembali mendatangi kantor Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten, Kamis (22/09).

Mereka mendesak pemerintah untuk segera memberlakukan tarif baru akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Gapasdap Merak bahkan mengaku akan mengurangi jumlah operasi kapal di jalur Merak – Bakauheni jika tarif baru tak kunjung diberlakukan pemerintah.

Kenaikan harga bahan bakar minyak dirasakan sangat membebani para pelaku usaha angkutan penyebrangan, lantaran sejak diberlakukan kenaikan harga BBM, biaya operasi kapal meningkat hingga 14 persen setiap hari. 

Jika dihitung, pengusaha kapal angkutan penyeberangan harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 30 juta hingga Rp 40 juta per kapal untuk sekali beroperasi.

Baca Juga:Berita Pilihan: Pinkan Mambo Berdoa Pernikahannya Cuma Zina, Nenek Raffi Ahmad Terbaring Lemah

Karena itu, Sekjen DPP Gapasdap, Aminudin mengaku tak segan-segan mengurangi jumlah operasi kapal di jalur Merak-Bakauheni apabila penyesuaian tarif baru tidak diberlakukan.


“Hari ini tuntutan sudah kami sampaikan, memang belum ada ketetapan dari pihak pemerintah yakni Kementerian Perhubungan. Dengan sangat terpaksa kami akan mengurangi jumlah kapal dan jumlah trip sesuai dengan kondisi lintasan masing-masing dalam lalu lintas penyeberangan, karena pasca kenaikan harga BBM, kami harus mengeluarkan biaya tambahan hingga Rp 40 juta per kapal untuk satu kali operasi, jadi kami benar-benar tidak mampu menambah beban pembelian BBM,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Banten, Handjar Dwi Antoro mengatakan, pihaknya akan menyampaikan apa yang menjadi pengaduan dari pihak pengusaha kapal angkutan penyebrangan kepada Kementerian Perhubungan.

"Prinsipnya semua aspirasi pada hari ini akan kami teruskan lagi ke Kementerian Perhubungan, karena kewenangannya ada disana. Saya juga berharap semoga bisa hari ini atau paling lambat besok," ujar Handjar.

Baca Juga:Tanggapi Team Order Ducati, Francesco Bagnaia: Saya Tak Perlu Bantuan

Nasional

Terkini

Mengetahui hal tersebut, Nathalie Holscher pun langsung membalas pesan tersebut.

Entertainment | 08:10 WIB

Soft launching di bulan pertama dan langsung menjadi incaran bagi para pengunjung yang penasaran.

Lifestyle | 00:02 WIB

Pesulap Merah sendiri mengaku tidak khawatir atau takut karena dia merasa bukan siapa-siapa. Jika terjadi apa-apa, tidak akan berdampak pada banyak orang.

Entertainment | 19:17 WIB

Gara-gara, ia sering membocorkan trik-trik ilmu perdukunan yang menipu yang dilakukan oleh sejumlah dukun palsu.

Entertainment | 18:19 WIB

Kemungkinan terjadinya hujan dengan intensitas tinggi dan berpotensi menimbulkan banjir, longsor dan gerakan tanah.

Berita | 21:09 WIB

FIL (Figur Inspiratif Lokal) merupakan program pemberdayaan UMKM untuk mengenali tokoh lokal yang inspiratif.

Lifestyle | 18:53 WIB

Reza Arap mengungkapkan bahwa ia dan keluarga termasuk sang istri Wendy Walters memiliki cara sendiri untuk menyelesaikan masalah atau meredam rumor.

Entertainment | 18:02 WIB

Munawar mengibaratkan pinjol ilegal itu sama dengan monster, mati satu, tumbuh dua, tumbuh lima.

Lifestyle | 16:34 WIB

Tokocrypto akan mematuhi semua aturan yang berlaku dan mengambil tindakan yang sesuai secara transparan.

Lifestyle | 09:15 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan 10 orang sebagaitersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan perkara di Mahkamah Agung

Nasional | 07:58 WIB

Aksinya tersebut menjadi polemik dan berbuntut panjang hingga Menkopolhukam Mahfud MD turut memberi tanggapan atas video viral tersebut.

Metropolitan | 18:15 WIB

Pemindahan itu juga menjadi salah satu upaya Kemenkumham untuk melakukan pencegahan peredaran dan pengendalian narkotika di dalam lapas.

Metropolitan | 17:48 WIB

"Kita dukung untuk terus melanjutkan program Provinsi DKI Jakarta yang lebih baik lagi," ujar Riza.

Metropolitan | 13:42 WIB

"Kalau orang tersenyum saya juga ikut senang," kata Letnan Dua (Letda) Ckm dr Alfred Hartoyo Alphanto, perwira pertama keturunan etnis Tionghoa yang pilih jadi dokter militer.

Metropolitan | 12:57 WIB

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2019, harta kekayaan Hendi meningkat drastis setelah menjabat sebagai wali kota.

Metropolitan | 12:01 WIB

Raffi Ahmad memantapkan diri meminang Nagita Slavina lewat salat istikharah.

Gosip | 18:22 WIB

Lyodra Ginting menyadari bahwa setiap pekerjaan memiliki tanggung jawab masing-masing.

Gosip | 18:06 WIB

Chika Jessica mengungkapkan keinginan ibunya yang sedang sakit ginjal kronis untuk melihatnya menikah, tetapi ia juga tidak sanggup hidup tanpa ibunya.

Gosip | 17:00 WIB

Kepada calon ibu mertua, Raffi Ahmad mengaku belum punya uang karena bayaran syuting belum cair.

Gosip | 16:28 WIB

Mpok Atiek menangis menceritakan pengalamannya menyentuh Kabah yang nyaris pingsan karena kesulitan bernapas akibat terhimpit banyak manusia.

Gosip | 16:05 WIB
Tampilkan lebih banyak